Bela Negara

 Ancaman Negara non-militer adalah ancaman yang tidak menggunakan senjata. Ancaman ini menggunakan faktor-faktor non-militer yang bersifat abstrak, namun mampu membahayakan kedaulatan negara, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Ancaman non militer salah satunya disebabkan oleh dampak negatif dari globalisasi. Globalisasi yang menyamarkan batas pergaulan antar bangsa secara disadari ataupun tidak telah memberikan kesempatan masuknya budaya asing yang secara langsung memberi dampak negatif yang kemudian menjadi ancaman bagi keutuhan sebuah negara, termasuk Indonesia. Ancaman non militer diantaranya dapat berdimensi ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya. 


Globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Jika tidak disikapi dengan baik, maka globalisasi ini bisa menjadi ancaman nonmiliter bagi integrasi nasional. Dampak negatif dari globalisasi budaya diantaranya adalah berkembangnya sifat individualis karena masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju; meningkatnya sifat materialistis karena masyarakat memandang segalanya dari segi materi; meningkatnya sifat konsumerisme yaitu proses konsumsi atau pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan. Oleh karenanya, tantangan era globalisasi seperti sekarang ini harus ditangkap melalui implementasi nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila yang merupakan falsafah hidup bangsa Indonesia. 


Jadi, tantangan yang sebenarnya dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam era globalisasi ini adalah menyiapkan secara matang generasi muda penerus bangsa dalam menjaga eksistensi budaya daerahnya. Adapun upaya yang dapat dilakukan sebagai warga negara Indonesia untuk menjaga eksistensi kebudayaan daerah adalah upaya untuk mempelajari kebudayaan tradisi oleh setiap individu, mengkaji nilai-nilai yang terkandung dalam budaya tradisi, menambah wawasan dengan cara mempelajari budaya dari daerah lain, menanamkan nilai kepada generasi muda agar bangga dengan budaya tradisi nusantara, serta membuat wadah atau lembaga untuk menyalurkan bakat dan kreativitas generasi muda dalam hal kebudayaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemendag Pun Dibuat Pusing Misteri Gaibnya Minyak Goreng di Pasar